-->

Monday

Pembuatan Banyak Folder dengan DOS Command


Anda yang mengalami era DOS mungkin tidak asing dengan perintah-perintah DOS dan kali ini bisa bernostalgia dengan perintah-perintahnya yang unik. Namun Anda yang tidak mengalami era DOS mungkin postingan ini dapat dijadikan sebagai pengetahuan baru. Ada perintah DOS yang dalam kondisi tertentu lebih praktis dibanding dengan mengguanakan perintah windows. Salah satu contoh adalah dalam hal pembuatan folder atau directory baru. Dengan windows, ada banyak cara dan salah satu cara adalah dengan membuka Windows Explorer kemudian memilih drive tempat untuk membuat folder (C, D, atau E) kemudian pilih File > New > Folder. Setelah itu baru mengganti nama folder sesuai dengan keinginan kita. Prosedur seperti ini tidak akan menjadi masalah jika kita hanya membuat satu atau beberapa folder saja. Akan menjadi begitu merepotkan jika harus membuat banyak folder karena kita harus mengulangi prosedur seperti di atas satu persatu. Namun dengan perintah DOS, masalah tersebut dengan mudah diatasi. Berapa pun folder yang ingin kita buat hanya memerlukan beberapa langkah saja dan tentunya waktu yang tidak begitu lama. Oleh karena itu TIPS DAN TRIK KOMPUTER kali ini akan mengetengahkan cara pembuatan banyak folder dengan perintah DOS
.

Langkah-langkahnya tentunya kita harus masuk Command Prompt dengan cara klik Start > All Program > Accessories > Command Prompt hingga tampil jendela atau area Command Prompt seperti gambar di bawah ini.

Kemudian tentukan drive di mana kita ingin membuat folder. Katakanlah kita ingin membuatnya di drive D maka ketik pada command prompt tersebut dengan “D:” (tanpa tanda petik) kemudian tekan ENTER maka drive D akan menjadi aktif seperti di bawah ini.

Kemudian langkah berikutnya adalah membuat perintah untuk membuat folder dengan format sebagai berikut.

md folder_1 folder_2 folder_3 folder_4 folder_n

Sebagai contoh saya ingin membuat folder yono_1, yono_2, yono_3, yono_4, & yono_5 maka perintahnya (pada contoh ini pada D prompt) adalah sebagai berikut.

md yono_1 yono_2 yono_3 yono_4 yono_5

Coba sekarang ketik perintah “dir/p” (tanpa tanda petik) untuk melihat hasilnya seperti di bawah ini.

Nah beberapa folder yono_1 hingga yono_5 sudah terbentuk, kan!!

(Sumber : PC Plus)

Selamat Mencoba.

0 comments:

Post a Comment

Followers

 

Cit3ur3up nG3bloG. Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com